Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 06 Maret 2012

Fadly "Padi": Perlu Banyak Agent of Change dalam Isu Perubahan Iklim

“ Bergerak Serentak, Selamatkan Bumi.
 Demi Masa Depan Kita Sendiri.
 Andaikan Aku Bisa Ku Hentikan Perputaran Dunia, Agar Aku Dan Kamu Perbaiki Semua.
 Coba Menahan Diri, Meredam Aksi Eksploitasi.
 Hijaukan Tekhnologi Selamatkan Bumi Kita”.

Endank Soekamti – Go Skate Go Green.

Kerusakan alam sudah kita rasakan dampaknya. Hal tersebut karena adanya hubungan sebab & akibat dan hubungan tersebut terjadi tidak lain oleh perbuatan manusia sendiri. Ironisnya, Pergerakan untuk menanggulangi kerusakan alam di dunia masih menjadi hal yang minoritas, terutama di negara Indonesia. Meskipun minoritas namun semangat untuk terus menjaga, melestarikan dan menyuarakan gerakan penyelematan bumi itu masih ada. Ini bisa dilihat melalui gelaran South to South Film Festival 2012 yang akan digelar pada 22-26 Februari 2012 di 3 tempat, yakni Goethe Institut, IFI, dan Kineforum, Jakarta.

South to South Film Festival 2012 ini merupakan gelaran ke 4 yang diadakan setiap 2 tahun sekali terhitung dari tahun 2006 dan melibatkan banyak pihak termasuk para Public Figure yang dianggap aktif didalam hal isu-isu lingkungan dan perubahan iklim.

Iwan Fals seorang musisi legenda Indonesia dan Mukti-mukti pernah ambil bagian pada gelaran South to South Film Festival 2006. Berlanjut di gelaran ke 2 pada tahun 2008 South to South Film Festival mengundang Tika, Cozy Street Corner, dan Seven Soul. Kemudian di gelaran ke 3 tahun 2010, South to South Film Festival mengundang Fadly & Rindra Padi juga akordeon.

Menurut penuturan Fadly Padi, “isu perubahan iklim sebenarnya sosialisasinya sudah bagus. Orang-orang mulai aware  terhadap musim yang tidak teratur di Indonesia, juga dampak lain yang mengikutinya. Mungkin yang perlu dilanjutkan lagi adalah memperbanyak agent of change yang bisa mensosialisasikan tentang perubahan iklim serta banyak kegiatan yang bisa melibatkan generasi muda untuk menjadi bagian dari solusi”.

Seorang musisi adalah public figure yang tentunya memiliki penggemar dengan jumlah tidak sedikit. Seperti yang hadir dalam gelaran SToS Film Festival dari tahun ke tahun. Melalui mereka, diharapkan pesan mengenai isu perubahan iklim dapat sampai dan mengena. Fadly Padi melanjutkan dalam hal berkarya, isu lingkungan tidak dikesampingkan. “ada satu lagu yang kami tulis tentang eksploitasi alam yang berlebihan judulnya “Terluka”. Videonya bisa dilihat di channel www.youtube.com/PadiVevo”.

“Salut untuk South to South Film Festival. Saya berharap festival ini pelan-pelan dibawa keliling keluar ibukota”. Tutup Fadly Padi mengakhiri wawancara via BlackBerry Messengger.

tulisan ini pernah dimuat di www.stosfest.org
Terima kasih,
Salam,
Rizky Muhammad Zein/@iqiezein

0 komentar:

Posting Komentar