Pages

Subscribe:

Labels

Jumat, 20 Juli 2012

Book Review: "Kisah Nyata Anak Miskin yang Menjadi Orang Besar, Jokowi From Zero to Hero Based on TRUE Story"

Ada yang puasa tanggal 20 Juli? Kalau ada, berarti sama kaya Gue..hehe

Oke, di hari pertama puasa.. Gue coba isi dengan menulis review buku "Jokowi From Zero to Hero" yang 'mungkin' bisa jadi cukup singkat jelas dan padat.

Baiklah, Gue mulai...
Jadi gini...

Gue kagum dengan sosok Jokowi makanya Gue tertarik buat beli buku yang ditulis Bernard Taufani. Pemberitaan di media televisi berhasil membuat sosok Pak Jokowi menjadi seorang tokoh yang merakyat dan pembawa perubahan. Selain dari media televisi, cerita itu juga Gue denger dari orang-orang terdekat Gue contohnya Umam, temen Gue yang pernah mampir ke Solo waktu ada acara "Boyong Kedaton" di Surakarta. Dia cerita kalau orang-orang Solo tuh seneng sama Pak Jokowi. Terus ada lagi, suaminya Teh Eneng bilang ke Gue kalau dia bangga jadi orang Solo karena punya Pak Jokowi. Wuuiih....hehehe

Oke, kita balik lagi ke book review-nya. Dari segi penerbitan buku Jokowi From Zero to Hero 'mungkin' saja ini bertepatan waktunya dengan Pilkada DKI untuk mengenalkan sosok Pak Jokowi itu seperti apa sih? Dan segmentasinya pun sudah jelas, kelas menengah atas, mahasiswa, pelajar, dsb.

Jika dilihat mulai dari daftar isi, menurut Gue... Jelas di buku ini citra Pak Jokowi betul-betul diangkat dimulai dari awal kisahnya menjadi seorang pengusaha mebel, menjadi seorang Walikota Solo, dan kemudian menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta. Tentu ini menjadi jualan yang sangat bagus yang dikemas dalam sebuah produk buku.

Mari kita berbicara mengenai isi buku ini. Secara keseluruhan,buku ini membahas berbagai macam masalah seperti kepemimpinan, sejarah, tata cara berkomunikasi yang benar dan baik antara pemimpin dengan rakyatnya, dan yang lainnya. Masalah-masalah tersebut diangkat sesuai dengan bagaimana Pak Jokowi menerapkannya dalam kesehariannya sebagai seorang Walikota Solo sehingga tercermin seorang Jokowi yang  benar-benar amanah dan berjuang untuk rakyatnya.

Bagian yang Gue suka dari buku ini adalah ketika membahas mengenai sejarah yang ada di bagian "Solo Di Tangan Jokowi". Didalam buku ini diceritakan bahwa Kota Solo dan Yogyakarta memiliki hubungan yang sangat erat pada masa lalu dan 2 kota tersebut merupakan pewaris dari Kerajaan Mataram. Lanjut, selain sejarah sub-bab dari Solo di Tangan Jokowi ada bagian yang membahas tentang "Solo Masa Depan adalah Solo Masa Lalu". Gue sangat suka dengan konsep ini, kenapa? Karena Meskipun saat ini jaman sudah tergerus oleh arus modernisasi dan globalisasi namun dalam konsep pembangunan kota tidak meninggalkan hal-hal yang ada di masa lalu bahkan sebaliknya menjadi sebuah aset untuk masa depan yang tak ternilai harganya.

Gue sangat kagum dengan sistem yang diciptakan oleh Pak Jokowi di kota sekecil Solo dan berhasil. Saat ini, Solo gue kenal dengan branding image-nya adalah "Solo The Spirit of Java". What an amazing idea! Gue jadi teringat dengan ucapan Sang Proklamator RI, Bung Karno: "JAS MERAH" (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).

Nah, itu tadi sekilas book review-nya buku "Kisah Nyata Anak Miskin yang Menjadi Orang Besar, Jokowi From Zero to Hero Based on TRUE Story". Semoga bermanfaat dan semakin tertarik untuk meningkatkan budaya membaca buku. Amin.

Sekian, 

Terima kasih,
Salam,

RMZ/@iqiezein

0 komentar:

Posting Komentar